Friday, July 16, 2010

Ambient Advertising


Ambient Advertising adalah salah satu bentuk Guerrilla Marketing, sebuah mekanisme promosi yang lebih bergantung pada waktu, energi dan imaginasi dibandingkan pada budget marketing yang 'heboh' nilainya. Biasanya ambient advertising itu menggunakan 'unxepected & unconventional' idea, bersifat interactive, dan bersentuhan dengan konsumen di 'unexpected places' . Tujuan dari ambient advertising adalah untuk menciptakan suatu konsep promosi yang unik dan mendorong konsumen untuk berpikir sehingga menjadi suatu pembicaraan hangat yang pada akhirnya akan menjadi 'viral' marketing atau 'mouth to mouth' marketing.

Ambient advetising adalah suatu alat yang efektif untuk menyampaikan brand message kepada konsumen. Keunikan konsep dan eksekusinya mampu menghasilkan 'top of mind recall' atau dengan kata lain marketing campaign dengan cara ini akan membuat brand anda akan lebih 'nempel' di memori target market anda. Jika dikombinasikan dengan mekansime adveritising lain yang lebih konvensional (misalnya : tv ad, radio ad, print ad) maka akan menciptakan brand awareness yang kuat

Beberapa alasan yang mendorong pertumbuhan dari ambient advertising :

  • Menurunnya efektifitas traditional media (tv,print,radio) dalam usaha menanamkan brand message ke dalam otak konsumen. Misalnya : dengan begitu banyaknya stasion tv belakangan ini membuat konsumen dengan mudahnya untuk berpindah channel ketika masuk bagian iklan. Bandingkan di masa ketika hanya ada channel RCTI dan TVRI. Jelas-jelas kita akan lebih memilih tetap di channel RCTI meskipun harus menyaksikan iklan-iklan yang numpang lewat.
  • Meningkatnya kebutuhan akan point-of-sale communications. Direct communication dengan konsumen di lokasi dimana mereka melakukan kontak fisik dengan produk semakin diperlukan untuk mendorong volume penjualan. Dengan begitu banyaknya pilihan brand untuk kategori produk yang sama, konsumen yang semakin hari makin rendah brand loyalitynya perlu untuk diyakinkan untuk memilih brand kita.
  • Ambience marketing itu fleksibel sehingga brand message bisa disampaiakan dengan cara yang tepat kepada target market yang sesuai di bandingkan iklan tv yang sifatnya 'tebar jala' dan berharap semoga ada target market yang nyangkut di jala tersebut.

Centauro Stores: "The Weight Of The Brazilian Shirt" campain









































No comments:

Post a Comment

Ambient Advertising

Ambient Advertising adalah salah satu bentuk Guerrilla Marketing , sebuah mekanisme promosi yang lebih bergantung pada waktu, energi dan im...